Rabu, 23 Desember 2020

Reshuffle Kabinet Indonesia Maju, Dua Menteri Terjerat Hukum. Empat Menteri Keluar dan Enam Menteri Masuk

 

-Kompas.com
Antara/Laily Rachev

BeritaPAS. Com, Jakarta- Beberapa saat sebelum Reshuffle, Presiden Joko Widodo mengunggah sebuah postingan di Instagramnya. Dalam foto ilustrasi kereta api yang bertuliskan “ yang baru...harus lebih baik!” dengan sebuah caption yang berlalu, menjadi kenangan, juga pelajaran,  kita menatap hari esok dengan tekad, semangat dan memancang harapan baru, selasa (22/12/2020).

Instagram Presiden langsung menimbulkan spekulasi dibeberapa kalangan dan disebut sebut bakal mereshuffle kabinet indonesia maju, karena sebelumnya ada dua menteri yang terjerat kasus hukum dan juga berkaitan dengan evaluasi kabinet indonesia maju.

Betul saja selasa sore (22/12/2020), Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden KH. Makruf Amin, mengumumkan enam nama menteri baru di jajaran kabinet Indonesia maju diantaranya.

1.     1. Tri Risma Harini (Menteri Sosial) Perempuan kelahiran Kediri, 20 Nopember 1961 ini sebelumnya menjabat sebagai Walikota Surabaya menggantikan Juliari batu bara yang sebelumnya terjerat kasus Korupsi, kehadiran Tri Risma Harini sebenanya sudah diprediksi oleh beberapa kalangan karena awal pembentukan kabinet Indonesia maju Risma bergitu panggilannya sudah digadang menduduki menteri sosial di kabinet Indonesia maju.

2.     2. Sakti Wahyu Trenggono (Menteri Kelautan dan Perikanan) Peria kelahiran Semarang,  3 Nopember 1962 sebelumnya menjabat sebagai wakil menteri pertahanan mendamping Prabowo Subianto dan menggantikan Edhy Prabowo Menteri Kelautan dan Perikanan sebelumnya yang terjerat kasus korupsi.

3.     3. Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama), Pria Kelahiran Rembang, 4 Januari 1975 sebelumnya menjabat Ketua Umum GP Ansor dan Anggota DPR RI 2019-2024 menggantikan Fachrul Rozi Menteri Agama sebelumnya, politisi PKB ini cukup mengejutkan beberapa kalangan karena tidak diprediksi sebelumnya, tapi penunjukan Gus Yagut bisa jadi menjadi angin segar kareana menjadi simbolis kembalinya kursi menteri agama ke kalangan kaum nahdiyin.


Sumber  Foto: Kompas.com

4.     4. Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) Peria kelahiran Riau, 28 Juni 1969 sebelumnya menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta dan Mantan Ketua Umum HIPMI 2005-2008 menggantikan Wisnutama Kusbandio (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) sebelumnya mentan CEO dari Net TV, pergantian ini tidak terlalu mengejutkan sebenarnya karena sebelumnya Sandiaga Uno memang di gadang gadang akan masuk kabinet Indonesia Maju, masuknya Sandiago Uno menandakan pemilu tahun 2019 berahir happy ending.

5.     5. Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan)  Peria kelahiran 08 Juli 1964 sebelumnya menjabat sebagai wakil menteri BUMN  menggantikan Terawan (Menteri Kesehatan) sebelumnya,

6.     6. Muhammad Lutfi (Menteri Perdagangan) Peria kelahiran Jakarta, 16 Agustus 1969 ini sebelumnya menjabat sebagai  Duta besar RI untuk Amarika Serikat menggantikan Agus Suparmanto (Menteri Perdagangan) sebelumnya, dibalik masuknya M. Lutfi ada cerita masuknya tiga sekawan kedalam kabinet Indonesi Bersatu, Eric Thohir, Sandiaga Uno dan M. Lutfi hal ini diketahui berdasarkan unggahan intagram pribadi Eric Thohir.

Perombakan Kabinet yang pertama ini di priode kepemimpinan Jokowi-Makruf ini pastinya akan mendapatkan banyak tanggapan beragam dari semua kalangan, pastinya kita doakan yang terbaik dan selamat mengemban tugas baru buat para menteri yang di tunjuk.


( Hasbi ) 



 

Politik

Liputan Khusus Seputar Wisata, Budaya, Seni dan Religi Pasuruan Baca Selengkapnya

TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI

Berita-Artikel Lokal, Nasional dan Internasional Baca Selengkapnya

PAS. TUBE CHANNEL

Jangan Lupa Like dan Subscribe

PERISTIWA

PAS.PhotoNews

#TAG : TIPS PAS