Rabu, 30 Desember 2020

Sahabat PAS, Kilas balik Kota Pasuruan 2020

Menanti kerja walikota baru. 

Foto : Google.com

BeritaPAS.com- Tahun 2020 boleh dikatakan kurang 1 hari lagi dan setelahnya berganti menjadi tahun 2021. Bagi warga Kota Pasuruan, tahun ini sangat spesial. Momentnya akan terulang kembali setiap empat tahun sekali. 


PEMILLUKADA serentak yang telah kita lewati, memilih walikota dan wakilnya berdasarkan asas LUBERJURDIL. Semua warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Berhak bagi setiap warga negara yang telah memenuhi syarat menentukan pilihan siapa yang layak memimpin kota selanjutnya melalui PILKADA yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum. 


Ada penyesuaian dan adaptasi baru terkait PILKADA serentak 2020. Dimulai dari pemunduran jadwal pemungutan suara, pembatasan kampanye terbuka dan pengefektifan media daring sebagai sarana kampanye hingga penerapan PROKES di TPS.  


Kecemasan datang menjadi hal yang wajar saat banyak opini dan tulisan studi ilmiah berterbangan dengan bebas,  masuk kedalam pemikirin setiap orang tentang bahaya Virus Corona. Pro dan Kontra tak dapat dihindarkan, namun bagaimanapun proses demokrasi harus terlaksana. 


Menurut sumber dari WARTABROMO.COM bahwasanya partisipasi masyarakat Kota Pasuruan mencapai 76%. Hasilnya 67,9% dari total 76% Pemilih, jatuh hati kepada paslon nomer 1 ( H. Safullah Yusuf, S.IP - Adi Wibiwo, S.TP., M.Si ). 


Sejumlah konsep dan program telah disiapkan Gus Ipul dan Mas Adi untuk melanjutkan menata Kota Pasuruan melalui gagasan KOTA MADINAH ( MAJU EKONOMINYA, INDAH KOTANYA DAN HARMONI WARGANYA ) yang disosialisasikan selama kampanye lalu. 


Sementara itu dilain sisi, pandemi covid-19 hampir satu tahun menjadi hantu yang telah menginfeksi sejumlah warga negara, sektor ekonomi menjadi kacau balau dikarenakan mayoritas kegiatan perekonomian dilakukan secara konvensional harus patuh penerapan PROKES  yang membatasi segala bentuk aktivitas luar ruangan, mengharuskan kontak antar manusia. 


Pemerintah pun merespon, baik dari pusat hingga daerah dengan mengambil kebijakan penanggulangan bencana non alam dilanjutkan membentuk satgas percepatan penanganan pandemi. Dari dampak yang menimpa Indonesia, salahsatunya Kota Pasuruan. 


Kami meluangkan waktu mengamati dampak langsung yang diakibatkan hingga curhat salahseorang pengusaha travel ternama di Kota Pasuruan yang tidak ingin disebutkan namanya, berkeluh kesah karena harus merumahkan pegawainya untuk sementara waktu dan menutup layanan travel sesuai surat edaran pemerintah. 


Di akhir catatan kami, kilas balik Kota Pasuruan tahun 2020. Harapan besar sebagai warga kota, agar bencana wabah Virus Corona segera usai. Walikota yang baru  mampu mengoptimalkan gagasanya di tahun pertama menjabat (  2021 )dengan menjawab PR besar masyarakat, yakni realisasi dari gagasan Kota Madinah yang masih menajdi misteri. 



Redaksi BeritaPAS.com

( Avan )

Politik

Liputan Khusus Seputar Wisata, Budaya, Seni dan Religi Pasuruan Baca Selengkapnya

TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI

Berita-Artikel Lokal, Nasional dan Internasional Baca Selengkapnya

PAS. TUBE CHANNEL

Jangan Lupa Like dan Subscribe

PERISTIWA

PAS.PhotoNews

#TAG : TIPS PAS